Sabtu, 25 Mei 2013

Pengalaman Unik Saat Naik Kereta Api


Disini saya mau cerita pengalaman saya naik kereta api dengan pengalaman unik, konyol, seru, dan menyebalkan. Silahkan agan-agan menyimak cerita selengkapnya :D

Pertama-tama saya perkenalkan tokoh-tokoh nya terlebih dahulu supaya agan-agan ga bingung oke ;) , ada saya (Bayu), Rian, Irfan, Fadzrin, Agi, dan Arief.

Awal mula-nya saya dan temen-temen saya ingin liburan. Hari ini adalah hari minggu, kita berkumpul di salah satu rumah temen saya yang bernama irfan, untuk ngomongin kemana tujuan liburan kali ini. Ternyata yang dateng ga banyak, saya mulai pesimis liburannya ga jadi, ga lama rian nyeplos "Gimana kalo ke jogja, kemaren ada yang usul tuh", dengan pertimbangan yang labil temen-temen yang lain pada setuju, tapi saya coba berfikir realistis dan bertanya-tanya, "Disana mau ngapain ? Ada wisata apa ? Kita kan ga ada pengalaman pergi jauh-jauh, apa lagi orang nya cuma dikit". Rian langsung jawab "Liburan lah bay, disana banyak ko wisatanya, contohnya Candi Prambanan sma Candi Borobudur". Saya mulai bertanya lagi, "Mau naik apa ? Kereta Api ? lagian kalo jalan-jalan duit gw cuma dikit, tau cukup apa engga ini", irfan pun ngejawab, "Iya, paling naik Kereta Api cuma 30 ribu, disana kehidupan nya murah kali bay, 250 ribu cukup lah untuk 3 hari". Lalu rian menanyakan kepastiannya "Jadi gimana, pada setuju ga nih ? kalo setuju 3 hari lagi kita berangkat, malam ini kita beli tiketnya", saya mulai berfikir, kayanya bakal jadi nih kalo hal-hal yang saya pertanyakan sudah terjawab, dan tanpa fikir panjang saya langsung setuju dan bilang "Oke, berangkatlah !", dan yang lain pun menyusul meng-iya-kan. Untuk jaga-jaga temen saya juga coba cari info dari backpacker yang pernah kesana sebelumnya melalui social media, kaskus.


Malam nya kita berangkat ke stasiun KA Senen, dan ternyata loket sudah ditutup. Kita bingung dan coba nanya ke bagian informasi. Di bagian informasi kita tanya pelayanan tiket dan jenis kereta apa yang bisa ke sana juga jadwal kebrangkatan. Ternyata loket buka dari jam 07.00-19.00 WIB, sedangkan kita sampai di lokasi jam setengah 8 (19.30), untuk Kereta jenis Progo berangkat jam 20.30 harga Rp.35 ribu/orang dan untuk pemesanan tiket harus disertai KTP asli/fotocopy masing-masing penumpang. Yap, setelah tau jam pelayanan tiket, dan info2 lainnya, alhasil kita coba beli tiket besok pagi. Berhubung besok nya saya libur, jadinya saya yang di utus berangkat ke stasiun besok pagi.

Hari pun berganti, hari ini adalah hari senin. Saya bangun pagi, dengan tujuan membeli tiket kereta api yang sudah direncanakan untuk hari Rabu. Saya berangkat jam 9 pagi dari rumah, ga lupa bawa uang dan fotocopy ktp yang sudah dikumpulkan kemarin malam.

Sesampainya di stasiun kereta senen, ternyata rame dan antrian panjang, saya kira sepi karna hari senin itu hari orang-orang pada kerja. Karena saya warga yang taat, saya langsung mengantri. Tetapi pelayanan sangat lama, sambil menunggu supaya ga bosen saya coba untuk ngajak ngobrol orang yang antri di depan saya. Ga terasa udah deket loket aja, ehh tiba-tiba ada orang yang menyelak karena jadwal kereta yang di tuju nya sekitar setengah jam lagi, dengan rasa iba saya izinkan. Ga lama ada seorang bapak pindah dari loket antrian sebelah karena alat cetak tiket nya bermasalah, saya agak ga rela tapi kasian, orang dibelakang saya marah dan ga rela, alhasil bapak itu tetap berada di antrian saya karena sudah terlanjur pindah. Disini saya cukup kecewa dari stasiun keretanya yang hanya menyediakan loket yang sedikit dan pembeli nya yang ga sabar :s

Akhirnya setelah menunggu kurang lebih 2 jam, saya mendapatkan tiket yang ditunggu-tunggu dan senengnya bukan main :D. 5 tiket ada ditangan saya dan siap berangkat untuk hari rabu nanti. Langsung saya mengabari teman-teman lewat sms dan ga lupa mengabadikan foto nya dan segera pulang untuk mengamankan tiketnya hehe.

Keesokannya, hari selasa. Saya kuliah, dan siangnya temen saya nelpon, temen saya tiba-tiba ngabarin pasti ikut dan pingin beli tiket, saya langsung bilang untuk langsung ke stasiun aja sekarang, biar ga telat dan kehabisan tiket karena tadi pas saya beli itu rame banget dan banyak juga yang ingin naik kereta tujuan ke jogja. Dan akhirnya temen saya dapet tiket yang ekonomi AC dengan harga Rp 90 ribu, beda gerbong dengan saya dan 4 temen lainnya, jadi dia sendiri di gerbong sana.

Sampai pada hari rabu, hari dimana kita akan melakukan perjalanan dengan kereta api. Paginya saya berangkat kuliah sambil menunggu-nunggu waktu kebrankatan dengan ga sabar. Dan kayanya teman-teman saya juga merasakan hal yang sama.

Setelah kuliah selesai, saya langsung pulang segera dengan perasaan yang menggebu-gebu. Saya langsung segera packing barang-barang yang perlu untuk dibawa, dari pakaian, obat2an, peralatan mandi sampai makanan ringan untuk perjalanan di kereta nanti.

Selesai packing saya tidur sebentar, dan bangun sebelum maghrib untuk mandi dan ngecek lagi barang bawaan. Ga lama nyokap balik dari kantor, dan nanyain kalo saya sama temen-temen mau atau ga di anter pake mobil temennya. Saya sempet mikir-mikir takut ngerepotin, tapi ternyata lumayan kita butuh kayanya, itung-itung untuk ngehemat biaya transport ke stasiunnya.

Sehabis isya saya langsung berangkat ke rumah temen saya, dimana kita janjian untuk berkumpul, dianter supir temen nyokap pake mobil yang di tawarin tadi. Pas sampe disana saya langsung nyuruh cepet temen-temen naik ke mobil supaya ga telat dan ketinggalan kereta.

Sampai di stasiun, ternyata kita ga telat. Saya pikir tadinya waktu keberangkatannya ontime, seperti yang tertera di tiket ternyata kita mesti nunggu kira-kira setengah jam dari jam keberangkatan. Yap, selepas dari jam keberangkatan, kita berangkat dengan persiapan yang seadanya dan belum berpengalaman dan kita coba modal nekat aja hehe.

Dikereta kita duduk berlima, 6 bangku dengan posisi 3-3 bangku saling berhadapan. Tadinya saya pikir 1 bangku bakal kosong, ehh ternyata ada yang ngisi, seorang cewe kira-kira berumur 26 tahun. Tapi kita beruntung, karena dia tau waktu perjalanan, stasiun-stasiun dimana aja kita akan berhenti, dan rintangan-rintangan yang bakal kita lalui.

Kereta pun mulai bergerak dan jalan, keseruan kita pun baru dimulai, beberapa jam awal kita masih bercanda dan ngobrol-ngobrol. Mungkin di gerbong itu bisa dibilang kita paling berisik haha. setelah beberapa jam berlalu entah kita mulai cape dan kehabisan bahan obrolan dan mulai ngantuk, alhasil gerbong pun mulai tenang. Dan kita coba bagi shift, sebagian untuk tidur duluan dan sebagian untuk tetap terjaga, karena ada beberapa temen saya yang curiga dengan gerak-gerik penumpang disebelah yang ngeliatin saya mainin 2 hp ganti-gantian. Bukan pamer sih, kebetulan hape yg satu untuk sms, dan yang satu buat online untuk jaga-jaga batre hp juga sih hehe.

Beberapa stasiun udah lewat, tapi waktu masih terasa lama. Ga lama di daerah mana saya lupa, tempatnya rada gelap, ada anak-anak yang ngelempar batu dan kena badan kereta, kita pun kaget dan temen-temen yang lagi tidur pun kebangun. Untung aja ga mecahin jendela atau masuk ke kereta dan kena kita.


Di stasiun cirebon kita berhenti, dan ini adalah pemberhentian paling lama, kira-kira 1 setengah jam. Saya pun dan beberapa teman mulai turun, karena di kereta sangat panas, maklum namanya juga ekonomi biasa, kipas pun ga nyala, yang ada cuma AC alam hehe..

Kereta pun mulai jalan lagi, dan kita mulai duduk di bangku masing-masing. Beberapa jam berlalu, dan waktu mulai menunjukan waktu subuh, kita berhenti di stasiun selama setengah jam dan memnfaatkan untuk shalat subuh lalu masuk lagi kekereta melanjutkan kembali perjalanan.

Langit pun udah agak kebiru-biruan menandakan matahari mulai naik. Sampai di stasiun solo kita mulai mendengar para pengamen-pengamen yang suaranya bagus-bagus dan seperti layaknya musisi tapi bedanya mereka lebih sering dijalan. Dan ga lama terdengar suara wanita, ehh laki-laki, ehh bukan dua-duanya, dan ternyata waria atau biasa kita sebut "bencong". Dengan alat khas nya kecrekan, dan lagu bikinannya sendiri, yang saya apal cuma kata "tekewer-kewer". Dan ketika mulai dekat beberapa dari kita pura-pura tidur tapi saya engga, pura-pura berani gitu. Dia pun tiba dan teman saya ngasih uang receh dan memegang paha saya, saya bilang dalam hati "apa-apaan nih ? ilfeel gw". Temen-temen saya pun pada ngetawain, saya coba ngehibur diri aja. Ga lama ada "bencong" lagi dateng, bisa dibilang lebih sangar. Saya pun takut dan agak trauma dari kejadian tadi, saya langsung pura-pura tidur. Dia pun lewat, saya mulai ngerasa aman dan saya pun bangun dengan ngintip-ngintip setengah berdiri, ternyata dia pingin balik lagi dan ngeliat saya. Pas lewat paha saya diremas, makin ilfeel saja saya, tanpa salah apa-apa diremas, whats wrong with me ??. Saya cukup trauma, 2 kali loh :'(, dan teman-teman saya pun ngetawain sambil ngeledekin, sedih jadinya huftt..

Ga lama kita sampai di stasiun Lempuyangan, jogja. Saya turun dari kereta dengan trauma mendalam, tapi terlepas dari pengalaman buruk tadi saya pun mikir hal positifnya, dengan kejadian tadi seengganya saya punya cerita yang bisa bikin ketawa sekaligus menyebalkan, mengesankan tapi menyedihkan haha :))

Kira-kira begitulah pengalaman saya, ada hal-hal yang berkesan dan cerita sedihnya. Mohon maaf kalo ada kata-kata yang ga sopan atau menyinggung kalian para pembaca. Semoga menghibur, terima kasih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor by Rubber Gank