Siklus
keuangan adalah kejadian yang berkaitan dengan perolehan dan manajemen dana
modal termasuk kas.
Siklus Keuangan terdiri dari :
1.
Jurnal Pemasukan.
2.
Jurnal Buku Besar.
3.
Neraca.
4.
Laporan Laba/Rugi dll.
Manajemen keuangan dimulai
dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini digunakan untuk mengembangkan
sebuah rencana tindakan untuk mencapai mereka - rencana yang realistis, dapat
dinilai dan merupakan cara yang paling efisien untuk mencapai tujuan. Rencana ini
diterjemahkan ke dalam anggaran yang memberikan sumber daya untuk setiap
aktivitas - penyusunan anggaran akan memberikan informasi tambahan tentang
setiap aktivitas yang dapat menyebabkan rencana harus diubah. Ketika ini bagian
dari siklus selesai, akan ada anggaran singkat yang mengalokasikan sumber daya
untuk setiap aktivitas. Tujuannya adalah untuk membuat anggaran yang akan
sedekat mungkin dengan operasi proyek yang sebenarnya.
Ketika proyek dimulai,
akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan pada semua transaksi
keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi formal yang dilakukan
oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi dilakukan oleh manajer
proyek. Secara periodik, seluruh proyek, manajer transfer informasi dari laporan
akuntansi ke dalam anggaran. Selama fase ini manajer terus menerus
membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari akuntansi. Kegiatan
ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek untuk menangani
bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek,
manajer bersama dengan personil akuntansi akan menghasilkan serangkaian laporan
hasil keuangan proyek. Laporan-laporan ini akan dimasukkan ke dalam laporan
keseluruhan proyek dan memberikan informasi berharga untuk membantu dalam
pengembangan proyek-proyek masa depan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar