A. Pendahuluan
Kita sering mendapatkan masalah di dalam ke hidupan.baik dalam,
lingkungan, masyarakat, organisasi dan perusahaan.masalah yang kita
dapat tidak sama setiap saat. Terkadang masalah yang kita hadapi itu
harus memilih ,mana yang terbaik untuk kita atau yang akan menyesalkan
kita. Di sini penting peran pengambilan keputusan yang terbaik untuk
kita, dengan memikirkan segala resiko dan kerugian yang kita dapat.
Masalah masalah yang kompleks sering terjadi di perusahaan
perusaahan. Di sini di tuntut peran manajer untuk memecahkan masalah
tersebut sebagai pembuat keputusan.dalam memecahkan suatu masalah
manajer mengidentifikasi,mengembangkan,menyeleksi,menerapkan dan
meninjak lanjuti untuk memastikan bahwa kapan solusi itu berjalan
sebagai mana mestinya.
Manajer juga perlu melakukan pendekatan ke sebuah Sistem untuk
mendapatkan solusi pemecahan masalah yang tidak merugikan perusahaan.
B. Pembahasan
Pendekatan sistem
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berintraksi untuk
mencapai suatu tujuan. Pendekatan sistem adalah serangkaian tahapan
tahapan pemecahan masalah yang setiap langka di pahami dan menghasilkan
sebuah solusi alternatip di pertimbangkan dan solulusi yang di pilih
dapat di terapkan.
Pendekatan sistem dalah pengambilan keputusan
Di dalam sebuah perusahaan manajer berperan penting dalam
pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.sistem konseptual adalah
suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer ,informsi dan
standart.2 elemen yang lain masuk dalam peroses perubahan masalah
menjadi solusi (solusi alternatif dan kendala).
TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM
1. Usaha Persiapan
- Memandang perusahaan sebagai suatu sistem.
- Mengenal sistem lingkungan.
- Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
- Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem.
Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
- Mengevaluasi standar.
- Membandingkan output dengan standar.
- Mengevaluasi manajemen.
- Mengevaluasi pemroses informasi.
- Mengevaluasi input dan sumber daya input.
- Mengevaluasi proses.
- 7.Mengevaluasi sumber daya output.
- Pertimbangan alternatif yang layak.
- Mengevaluasi berbagai solusi alternatif.
- Memilih solusi terbaik.
- Menerapkan solusi.
- Memastikan bahwa solusi tersebut efektif.
Terdapat 3 Kategori manajer dalam merasakan suatu masalah masalah :
- Penghindar masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.
- Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker) :
- Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
- Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
- Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah( Problem solver)
- Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Contoh : pendekatan sistem.
- Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.
(SISTEM INFORMASI MANAJEMEN)
- Pemecahan masalah
Pentingnya pemecahan masalah
Pentingnya pemecahan masalah bukan didasarkan pada jumlah waktu yang dihabiskan tetapi pada konsekuensinya.
Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
Pengambilan keputusan adalah tindakan memilih strategi/ aksi yang
diyakini manajer akan memberikan solusi terbaik atas masalah tersebut.
Salah satunya kunci pemecahan masalah adalah mengidentifikasikan
berbagai alternatif keputusan.
- Pendekatan sistem
Proses pemecahan masalah secara sistematis bermulai dari John dewey,
seorang profesor filosofi dari colombia university. Ia mengidenfikasikan
tiga seri penelitian yang terlibat dalam memecahkan suatu kontroversi
secara memadai.
- Mengenali kontroversi
- Menimbang klaim alternatif
- Membentuk penilaian
Langkah-langkahnya adalah sbb:
- Usaha persiapan = mempersiapkan manajer untuk memecahkan masalah dengan menyediakan orientasi sistem.
- Usaha definisi = mencakup mengidentifikasi masalah untuk dipecahkan dan kemudian memahaminya.
- Usaha solusi = mencakup mengidentifikasi berbagai solusi alternatif, mengevaluasinya, memilih satu yang tampak terbaik, menerapkan solusi itu dan membuat menindaklanjuti untuk menyakinkan bahwa masalah itu terpecahkan.
Tiap manajer memiliki gaya pemecahan masalah yang unik, gaya ini dapat mempengaruhi dalam :
- Merasakan masalah
- Mengumpulkan Informasi
- Menggunakan Informasi
C. Kesimpulan
manajer berperan penting dalam pengambilan keputusan yang efektif
dan efisien.sistem konseptual adalah suatu sistem pemecahan masalah yang
terdiri dari manajer ,informsi dan standart.2 elemen yang lain masuk
dalam peroses perubahan masalah menjadi solusi (solusi alternatif dan
kendala).
setiap manajer mempunyai gaya pemecahan masalah yang unik,gaya ini
dapat mempengaruhi dalam merasakan masalah,mengumpulkan informasi,dan
menggunakan informasi.
manajer perlu melakukan sebuah pendekatan ke sebuah sistem. pendekatan yang di lakukan yaitu :
- Mengenali kontroversi
- Menimbang klaim alternatif
- Membentuk penilaian
Referensi :
http://juwita.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3442/PENDEKATAN+SISTEM.doc
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/01/pendekatan-sistem-dalam-memecahkan-masalah-dan-membuat-keputusan-4/
http://dna2db19.blogspot.com/2010/01/pendekatan-sistem-dalam-memecahkan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar